Mengenal Perangkat Keras Pada Komputer Lengkap dengan Fungsi dan Contohnya

 

Hai sobat blog...

Berbicara soal komputer, kita tentu akan menemukan istilah hardware atau perangkat keras pada komputer. Seperti yang kita tahu, komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari dari dua komponen utama, yakni perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Keduanya memiliki kelebihan masing-masing, seperti hardware yang berperan penting sebagai penghubung antara pengguna dengan sistem komputer. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai hardware atau perangkat keras komputer lengkap dengan fungsi dan contohnya.

Lantas, apa itu hardware?

Perangkat Keras atau Hardware adalah komponen-komponen fisik nyata yang membentuk sebuah sistem komputer yang fungsinya untuk menunjang kinerja dari komputer itu sendiri.

Menurut James O’Brien, pengertian Hardware adalah semua peralatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk diantaranya CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain.

Fungsi Perangkat Keras pada Komputer (Hardware)

Perangkat keras memiliki dua fungsi utama, yakni:

- Menerima Input

Hardware tertentu memiliki fungsi khusus untuk menerima input yang dilakukan oleh user. Masukan tersebut nantinya akan diproses menjadi informasi baru.

- Mengolah Data/ Informasi

Setelah menerima masukan atau input, beberapa hardware memiliki fungsi khusus untuk mengolah atau memproses input tersebut menjadi informasi baru.

Ciri-Ciri Perangkat Keras pada Komputer (Hardware)

Perangkat keras alias Hardware memiliki ciri-ciri yang bisa kita lihat untuk membedakan antara saoftware dan hardware, sebagai berikut:

1. Memiliki bentuk fisik

Salah satu perbedaan software dan hardware adalah bentuknya. Software hanya dapat dilihat tampilannya namun tidak memiliki bentuk fisik, sementara hardware mempunyai bentuk fisik yang bisa dilihat dan dirasakan.

2. Umumnya bersifat keras

Beberapa contoh hardware adalah keyboard, printer, scanner, dan perangkat lainnya yang bersifat keras.

3. Terdapat di bagian luar komputer

Kebanyakan hardware berada di bagian luar komputer. Namun, tidak semuanya. Beberapa di antaranya ada yang berada di dalam komputer, contohnya RAM dan CPU.

4. Media penghubung antara user dan software

Hardware adalah perangkat yang berguna untuk menghubungkan antara user dan software, dimana akan menerima input kemudian memberikan output kepada user.

Jenis-Jenis Perangkat Keras pada Komputer (Hardware)

Sistem komputer terdiri dari 5 jenis perangkat keras yaitu input device, process device, output device, storage device dan perangkat tambahan. Kelima perangkat keras ini diatur sedemikian rupa membentuk sistem terintegrasi untuk dapat melakukan input, proses, dan output data.

1. Input Device

Input device atau perangkat keras input merupakan suatu perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data pada memori komputer. Hardware yang termasuk dalam kelompok input device adalah keyboard. Sebagai input device yang utama pada suatu komputer, keyboard di dukung oleh perangkat lainnya yaitu mouse dan scanner.

Berikut beberapa contoh hardware input:

Mouse

Mouse berfungsi untuk menggerakkan kursor. Selain itu, mouse juga dapat menjalankan perintah praktis dan cepat. Umumnya mouse terdiri dari tiga tombol, dimana dua tombol klik di kiri dan kanan lalu satu tombol scroll di tengah.

Keyboard

Keyboard adalah unit yang cukup penting dalam pengolahan data dengan komputer. Adapun fungsinya ialah memasukkan huruf, angka, dan simbol sebagai media bagi user untuk melakukan perintah yang diperlukan.

Scanner

Contoh hardware output ini berfungsi untuk menggandakan atau menyalin gambar dan teks kemudian menyimpannya ke dalam memori komputer.

2. Process Device

Process device adalah perangkat keras atau hardware yang fungsinya untuk memproses atau mengolah data. Selain itu, hardware ini juga bertugas mengeksekusi atau menjalankan perintah jika ada data yang dimasukkan.

Beberapa contoh hardware process adalah:

CPU

CPU adalah perangkat yang berguna untuk mengontrol seluruh proses pada komputer, baik itu instruksi, pengelolaan, hingga menghasilkan output yang diinginkan.

VGA

Perangkat ini memiliki fungsi untuk mengolah dan memproses data grafis. Nantinya, output bisa ditampilkan pada layar monitor komputer.

RAM

RAM adalah jenis hardware yang dapat menentukan kecepatan akses dalam sebuah komputer.

3. Output Device

Output device atau perangkat keras output adalah hardware yang berfungsi untuk menghasilkan informasi baru atau data yang berguna sehingga dapat dimengerti oleh user. Informasi baru tersebut dikeluarkan melalui perangkat lain, seperti:

Monitor

Monitor mempunyai fungsi menampilkan informasi yang sudah diproses. Dengan begitu, pengguna dapat melihat informasi tersebut.

Printer

Printer adalah hardware yang berfungsi mencetak informasi atau data ke dalam kertas berupa tulisan atau gambar.

Speaker

Speaker adalah hardware yang berfungsi mengubah gelombang listrik menjadi gelombang audio dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

4. Storage device

Sesuai namanya, storage device berarti perangkat penyimpanan. Ini merupakan bagian dari hardware dimana fungsinya adalah menyimpan data komputer. Beberapa hardware yang termasuk ke dalam jenis ini antara lain:

Hard disk

Hard disk atau juga biasa disebut dengan HDD adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder. Harddisk bisa terpasang di dalam maupun luar perangkat.

Flash disk

Flash disk adalah perangkat keras penyimpanan data yang konektornya berupa USB. Konektor ini akan memudahkan perangkat terhubung ke komputer maupun media lainnya. Flash disk dapat kamu gunakan untuk memindahkan suatu data dari satu komputer ke komputer lainnya.

Optical disk

Optical disk merupakan media penyimpanan yang bisa dibaca maupun ditulis oleh cahaya laser, dimana bentuk umumnya adalah berupa CD atau DVD.

5. Perangkat tambahan

Perangkat tambahan hardware adalah alat yang membantu komputer untuk menjalankan perintah user. Perangkat ini biasanya disebut dengan istilah periferal, gunanya untuk menghubungkan perangkat komputer dengan koneksi internet.

Salah satu contohnya adalah modem. Modem dapat kamu gunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog maupun sebaliknya.

Cara Kerja Perangkat Keras pada Komputer (Hardware)

Perangkat keras atau hardware bekerja berdasarkan pada perintah. Ini disebut juga dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah tersebut, hardware bisa melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.

Adapun 3 instruksi dasar untuk menjalankan hardware adalah sebagai berikut:

- Input

Instruksi dasar input, yaitu instruksi yang bisa memberikan informasi kepada perangkat lunak lainnya menggunakan perantara driver. Dalam hal ini perangkat lunak tersebut yaitu sistem operasi. Ini terjadi saat user menggunakan hardware, contohnya mengetik menggunakan keyboard atau mengklik dengan mouse.

- Proses

Instruksi dasar proses, yaitu instruksi yang berperan untuk penengah antara proses input atau output. Instruksi ini hanya terjadi dalam suatu hardware, bukan sistem komputer secara menyeluruh.

- Input

Instruksi dasar output, yaitu instruksi yang terjadi saat ada perintah untuk menggunakan hardware tersebut dari pengguna.

Nah, sudah paham belum? Intinya, perangkat keras (hardware) adalah segala sesuatu pada komputer yang bisa kita lihat dan sentuh. Semoga bermanfaat!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Peran Penting RAM dalam Kinerja Komputer

CPU : Komponen dan Fungsinya Pada Komputer

Intel Core i5 Setara dengan Amd apa?