Fungsi Mouse dan Jenis-jenisnya yang Perlu Anda Ketahui



Mouse merupakan salah satu perangkat keras yang sering digunakan untuk mengoperasikan komputer. Mouse pertama kali ditemukan dan dibuat sekitar tahun 1963 oleh Douglas Engelbart. Pada awalnya Mouse hanya berbahan dasar kayu dengan memiliki satu tombol.

Dari tahun ke tahun, perangkat keras ini berinovasi dan semakin canggih. Bahkan fungsi Mouse tidak hanya sebagai penunjuk, melainkan memiliki fungsi lain. Untuk perangkat Laptop, Mouse tidak lagi diperlukan, Fungsi Mouse sudah digantikan dengan Touch Pad yang menyatu dengan Laptop.

Dalam Artikel ini, kami sudah merangkum dari berbagai sumber tentang pengertian Mouse, Fungsi Mouse di Komputer. Langsung aja yuk kita simak ulasan di bawah ini untuk menambah wawasan Anda.

Pengertian Mouse

Mouse adalah alat/perangkat yang mengatur pergerakan kursor dengan cepat atau memebrikan perintah dengan cara yang praktis dan cepat. Ada bola kecil di Mouse yang mengirim sinyal listrik ke komputer saat bergerak, sesuai dengan pergerakan Mouse.

Perangkat keras ini dirancang untuk menjalankan program dan perintah dari pengguna yang telah diperintahkan oleh sensor gerak untuk dijalankan sehingga bisa menjadi petunjuk agar dapat bergerak di monitor atau Pc. Mouse juga dilengkapi dengan tombol kiri Mouse dan untuk menggulir dengan tombol kanan Mouse.

Fungsi Mouse

Mouse memiliki funsgi utama sebagai perangkat penunjuk yang menggerakkan penunjuk pada layar PC dan Laptop. Selain itu, ada beberapa lagi fungsi Mouse yang memiliki banyak kegunaan. Berikut beberapa fungsi Mouse yang perlu Anda ketahui:

  • Melakukan Operasi Scroll

Fungsi Mouse yang pertama adalah melakukan operasi Scroll. Ketika kita sedang bekerja pada layar komputer dan ingin melihat tulisan ke atas atau ke bawah, maka Mouse lah yang melakukan pekerjaan itu. Fungsi dukungan ini bisa mengoperasikan kompuer atau laptop Anda.

  • Memilih Objek

Ketika Anda ingin memilih kegiatan yang tidak bisa Anda sadari di dunia komputer, mulai dari memilih file, folder dan bahkan kata-kata dalam program seperti yang ada di Microsoft Word. Mouse akan membantu Anda melakukan itu.

  • Mendapatkan Informasi Melalui Hover Mouse

Fungsi Mouse selanjutnya adalah Anda bisa mengarahkan keadaan di mana pointer berada di menu. File atau folder tertentu. Ketika pointer berada dalam keadaan mengambang, maka informasi akan ditampilkan.

Informasi untuk menampilkan perintah itu disebut dengan Tooltips. Fungsi ini sangat berguna bagi kita untuk mengetahui segera apakah kita bisa mengklik perintah kerja. Anda bisa coba menjelajah fungsi hover untuk mengoperasikan komputer atau laptop.

  • Untuk Menyelesaikan Suatu Program

Mouse memainkan peran penting dalam menyelesaikan suatu program. Anda bisa menggunakan Mouse untuk membuka file atau menjalankan program. Secara umum, file atau program ini dapat dibuka dan dijalankan dengan cara mengklik dua kali.

  • Melakukan Drag dan Drop

Kita sering menggunakan Mouse untuk menarik dan menjatuhkan objek pada komputer, dari mulai memindahkan, memotong dan menyalin. Dengan dukungan kemampuan Mosue ini, akan sangat mudah untuk melakukan operasi sederhana ini.

Jenis-jenis Mouse

Bus Mouse



Jenis Mouse ini menjadi mouse generasi pertama yang digunakan pada komputer IBM. Mouse ini terkoneksi pada PC melalui Bus yang berintegrasi pada ISA add-in Card.

Serial Mouse

Seperti namanya, Mouse ini disambungkan mellaui Serial Port, yaitu sebuah media komunikasi digital di mana informasi ayang dikirimkan secara bit per bit.

PS/2 Mouse



PS/2 Mouse adalah Mouse menggunakan konektor berupa enam pin mini-din. Mouse ini booming sejak tahun 1987.

USB Mouse



Jenis Mouse ini digunakan USB sebagai jembatan pengiriman sinyal dari Mouse ke Monitor. Mouse dengan USB ini pertama kali diproduksi pada tahun 1990-an.

Wireless Mouse



Jenis Mouse yang terakhir adalah Wireless Mouse. Mouse ini sebagai Mouse generasi yang paling baru. Keunggulannya adalah memberikan kesan yang rapi karena tidak menggunakan kabel. Namun, Wireless Mouse memiliki kekurangan, yaitu harus menggunakan baterai untuk mengoperasikannya.

Nah itu tadi serba serbi Mouse yang perlu Anda ketahui, mulai dari pengertian Mouse, fungsi Mouse dan jenis-jenis Mouse. Di masa sekarang Mouse menjadi salah satu alat pendukung yang wajib dan mudah untuk didapatkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami Peran Penting RAM dalam Kinerja Komputer

CPU : Komponen dan Fungsinya Pada Komputer

Intel Core i5 Setara dengan Amd apa?